Makalah YouTube dan BLog
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Media social Youtube digemari oleh masyarakat untuk berbagai macam sarana. Baik untuk sekedar melihat video atau pun mengunggah video kedalam YouTube. Tidak lepas dari itu Youtube juga memiliki kekurangan, Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa YouTube sebagai sarana penyaluran bakat, namun adapula dari situs ini sebagian masyarakat memanfaatkannya sebagai ajang kreativitas. Persepsi orang mengenai media sosial YouTube berbeda-beda karena fungsi yang paling utama dalam media ini adalah mengaplikasikan suatu objek agar dapat disaksikan oleh para pengguna media tersebut.
Adapun blog yang Semakin berkembangnya internet ,blog ini semakin banyak digemari bagi para penulis.Akan tetapi, bila kita sadari masih banyak yang tidak tau akan permasalahan dalam youtube dan blog ini dan belum mengenal apa itu youtube maupun blog.
Tulisan mengenai youtube dan Blog pada buku-buku belum dapat memecahkan permasalahan seperti ini.Meskipun istilah youtube dan blog tersebut sering kita dengar tapi masih banyak yang belum mengetahui hal tersebut.
RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas maka dapat kita simpulkan beberapa rumusan masalahnya,yaitu:
Apakah yang dimaksud dengan youtube dan blog ?
Bagaimana sejarah yang ada pada youtube dan blog?
Lalu adakah langkah-langkah dalam membuat blog?
Apa saja fungsi,manfaat dari blog?
Apakah fungsi dan dampak dari youtube?
TUJUAN PENULISAN
Agar dapat mengetahui apakah itu youtube dan blog
Agar dapat memahami seperti apa sejarah sehingga youtube dan blog muncul
Agar dapat mempraktekkan cara membuat blog
Mengetahui fungsi maupun dampak dari kedua aplikasi tersebut?
BAB II
PEMBAHASAN
SEJARAH YOUTUBE
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagai klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, film, televisi, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah FLV yang dapat di putar di penjelajah web yang memiliki Plugin Flash Player.YouTube sendiri didirikan tanggal 14 Februari 2005 di San Mateo, California, Amerika oleh Chad Hurley, Steve Chen, Jawed Karim dan berkantor Pusat di San Bruno, California, Amerika dengan CEO: Susana Wojcicki (5 Feb 2014–) Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Pay Pal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar.Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.
Sebelum peluncuran YouTube tahun 2005, terdapat beberapa metode sederhana yang dapat digunakan oleh pengguna komputer awam yang ingin mengunggah video secara mudah. Dengan antarmuka yang sederhana, YouTube memungkinkan siapa saja dengan koneksi internet untuk mengunggah video dan penonton dariseluruh penjuru dunia dapat menikmatinya hanya dalam beberapa menit. Keanekaragaman topik yang ada di YouTube membuat berbagi video menjadi salah satu bagian yang penting dalam kultur berinternet.Video awal yang pertama kali diunggah di YouTube berjudul “Me at The Zoo”, menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini video tersebut masih dapat disaksikan di YouTube.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI YOUTUBE
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat semakin mudah pula seseorang bisa mengakses berbagai macam video, gambar, ebook, atau pun artikel. Akibatnya banyak yang menggunakan media internet sebagai tempat pelarian untuk mencari hal-hal baru, contohnya seperti di YouTube semua orang bisa mengakses berbagai macam video yang telah diunggah oleh orang banyak pemanfaatan YouTube ini dapat berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai macam tutorial atau pun mengunggah video yang kita punya. Bila YouTube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis, maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi penggunanya.Berikut dampak positif dan negatif dari YouTube, yaitu:
a. Dampak Positif:
Dapat dipakai untuk mencari video tutorial.
Dapat menjadi media untuk artis instant.
Dapat berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita
b. Dampak Negatif
Dapat dipakai untuk mencari video yang tidak pantas dilihat.
Video-video kekerasan.
Video yang dapat merubah reputasi seseorang.
FUNGSI DARI BAGIAN–BAGIAN YANG ADA DALAM YOUTUBE
Beranda
Trending
Subscription
Akun
Pencarian. Pengaturan
Berikut fungsi dari bagian-bagian dri youtube:
Beranda : berfungsi menampilkan serta mengakses halaman awal
dari suatu situs dan juga menampilkan topik fitur
Trending : berfungsi membantu penonton untuk melihat apa saja
yang terjadi di seluruh dunia menggunakan youtube.artinya di bagian ini akan ditampilkan daftar video yang sedang tren yang sama disetiap negara untuk semua pengguna.
Akun :berfungsi sebagai tempat untuk mengupload video yang
kita buat.dalam akun ini akan ada berbagai macam bagian diantaranya yaitu ,ada yang dimaksud dengan histori dimana berfungsi sebagai menyimpan penelusuran dari video yang kita nonton,jadi jika ingin melihat kembali riwayat tontonan maka buka saja histori di akun
Pencarian:berfungsi untuk memudahkan kita mencari apa yang
akan di tonton,dengan kata lain jika ingin melihat suatu video maka masukkan saja kata kunci,lalu akan muncul dengan sendirinya apa yang kita inginkan.
Pengaturan:berfungsi untuk menyediakan pengaturan didalam youtube dimana berisi setelan,kebijakan privasi,bantuan dan masukan, serta keluar.
NEGARA-NEGARA YANG MELAKUKAN PENYENSORAN YOUTUBE
situs yang paling banyak dikunjungi ketiga, telah disensor beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan. Negara-negara yang menyensor YouTube antara lain :
1. Arab Saudi
2. Armenia
3. Brasil.
4. Iran
5. Moroko
6. RRC
7. Suriah
8. Thailand
9. Turki
10. Pakistan
11. Indonesia
DAMPAK SOSIAL DARI YOUTUBE
Contoh awal dampak sosial YouTube adalah suksesnya video The Bus Uncle pada tahun 2006. Video ini menunjukkan perdebatan antara anak muda dengan orang tua di dalam bus di Hong Kong yang kemudian banyak dibahas di media-media utama. Video lainnya yang mendapat banyak perhatian adalah permainan Pachelbel's Canon dengan menggunakan gitar listrik. Nama pemain gitar tidak dipampang di dalam video, namun setelah ditonton oleh jutaan penonton, The New York Times mengungkap siapa pemain gitar misterius tersebut. Ternyata dia adalah Lim Jeong-hyun, berumur 23 tahun yang berasal dari Korea Selatan.Ada juga beberapa orang yang berhasil menjadi selebritis dadakan karena video yang mereka unggah di Youtube:
Chris Crocker, pemuda asal Amerika Serikat menjadi terkenal setelah mengunggah video berjudul Leave Britney Alone dimana di video itu dia menangis dan memprotes perlakuan media terhadap penyanyi Pop Britney Spears.
Gary Brolsma, pemuda kelahiran Amerika Serikat ini terkenal karena video lipsnyc Numa Numa yang dia unggah.
Ghyslain Raza, pemuda Kanada ini menjadi bintang utama di video berjudul Star Wars Kid. Di video tersebut dia memainkan sebuah stik golf seolah-olah dia adalah seorang Jedi.
Wei Wei & Huang Yixin, dua pemuda asal China ini menyebut diri mereka sebagai Back Dorm Boys, dimana dalam video-video yang mereka unggah, mereka selalu melakukan lipsync berbagai macam lagu-lagu hits dunia.
Di Indonesia, dampak sosial dari YouTube terlihat dari munculnya artis dadakan. Seperti contohnya: Briptu Norman dengan lipsync lagu Chaiyya Chaiyya. Video lipsync Briptu Norman mendadak menjadi bahan perbincangan masyarakat .
FUNGSI DARI OFFLINE YANG ADA DALAM YOUTUBE
Saat ini pengguna youtube tidak perlu khawatir lagi dengan kuota baru baru ini youtube mengungkapkan wacana untuk melengkapi platform video popular dengan menjalankan video offline . Namun fitur ini hanya dikhususkan keapp mobile di platform android dan iOS , bukan versi browser deskotopnya .
Dukungan offline tersebut memungkinkan penggguna menikmati video videonya tanpa perlu tersambung ke internet secara konstan . Artinya video dapat dilihat tanpa adanya sambungan Wi-Fi atau paket data . Cara menggunakannya juga sangat mudah .
LANGKAH-LANGKAH MENGUBAH TAMPILAN MAUPUN WARNA DALAM YOUTUBE
1. Mengubah YouTube menjadi berwarna merah dan biru
Coba kamu ketik di kolom pencarian YouTube "Webdriver Torso". Maka akan keluar video-video dengan tampilan berwarna biru dan merah. Belum diketahui kenapa YouTube membuat seperti ini. Tapi konon ini berfungsi untuk mengetes kualitas dari YouTube itu sendiri.
2. Shortcut cepat lewat keyboard
Nggak perlu repot-repot lagi menggunakan mouse untuk mengontrol video di YouTube. Cukup menggunakan keyboard kamu dapat mengendalikan video yang kamu tonton. Caranya:
- k = pause or play
- j = rewind 10 seconds
- l = fast-forward 10 seconds
- m = mute
- Number 0 = go to the beginning of the video
- Numbers 1 to 9 = jump to 10% to 90% of the video
3. Mengubah tampilan YouTube
Coba kunjungi youtube.com/leanback dan lihat hasilnya.
4. Mengunduh video YouTube dengan cepat
Jika ingin mengunduh video YouTube dengan cepat bisa menambahkan 'ss' di alamat YouTube yang kamu tonton. Contohnya: ssyoutube.com/watch?v=mWRsgZuwf_8
5. Mengubah video YouTube menjadi gambar GIF
Hampir sama seperti cara di atas, jika ingin mengubah video YouTube menjadi GIF cukup ganti 'ss' menjadi 'gif'.
6. Membuat YouTube bergoyang ala Harlem Shake
Coba ketik 'do the harlem shake' di kolom pencarian YouTube, maka YouTube-mu akan bergoyang seperti di video Harlem Shake
7. Membuat YouTube bergoyang mengikut kursor mouse
Ingin menggerakkan YouTube menggunakan mouse? Ketik saja 'use the force luke' di kolom pencarian YouTube dan lihat hasilnya.
8. Membuat YouTube menjadi lebih berwarna
YouTube memang cukup aneh. Kamu bisa membuat tampilan YouTube lebih berwarna hanya dengan mengetik 'doge meme' di kolom pencarian YouTube.
9. Memulai video dari waktu tertentu
Jika ingin menyetel video di YouTube dari detik tertentu tambahkan '#t=01m08s' di akhir alamat URL YouTube yang kamu tonton. '01m08s' berarti video akan dimulai di menit 1 detik ke 8. Ini bisa kamu ubah sesuka hatimu.
10. Mengubah video YouTube menjadi file Mp3
Jika ingin mengunduh video YouTube menjadi file Mp3, cukup copy alamat URL YouTube yang kamu tonton dan paste-kan di www.youtube-mp3.org.
11. Merekam video YouTube menggunakan Peggo
Kunjungi peggo.co dan paste-kan alamat URL video YouTube yang kamu tonton. Maka kamu akan dengan mudah merekam video tadi menjadi file Mp3.
12. Menggunakan kata pencarian dengan benar
Tambahkan kata-kata di bawah ini untuk hasil pencarian yang berbeda:
- Tambahkan 'channel' or 'playlist' untuk mencari channel atau playlist dari lagu kesukaanmu.
- Tambahkan 'HD' untuk menonton video dengan kualitas High Definition. Tapi pastikan kecepatan internetmu stabil.
- Tambahkan 'allintitle' untuk mencari video lebih tepat. Contoh: 'allintitle:maroon five'
13. Mencari video artis favorit dengan cepat
ketik #namapenyanyi untuk mencari album dan playlist dari penyanyi favoritmu
PE NGERTIAN BLOG
Blog berasal dari kata weblog adalah suatu website dengan isi (konten) berupa artikel atau tulisan-tulisan yang merupakan pemikiran atau sudt pandang dari pemilik dan berisi pula gambar, audio atau video yang di update secara berkala, sehingga mempunyai cirri khas sesuai dengan keinginan pemiliknya, umumnya blog menggunakan sudut pandang personal, tapi ada juga blog dari suatu organisasi.Blog mempunyai basis peristiwa, urutan peristiwa pemasukan artikel, konten, atau tulisan pada blog umumnya disajikan secara terbalik, dimana hal baru (artikel baru) disajikan paling atas, sehingga pengunjung blog akan disajikan hal yang baru ketika mereka membuka suatu blog. konten lama disajikan paling belakang. tapi setting ini bisa diubah menjadi kebalikannya.
Hal lain yang merupakan ciri dari blog adalah adanya komentar. pengunjung dapat memberikan komentar pada setiap artikel blog. demikian juga pemilik dapat memberikan tanggapan atas komentar pengunjung pada bagian komentar pula.
SEJARAH BLOG
istilah “blog”. Blog itu sendiri adalah kependekan dari “Weblog”, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut website pribadi yang selalu diupdate secara berkelanjutan dan berisi link-link ke website lain yang dianggap menarik dan biasanya disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Sementara Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Apapun definisinya, pendapat-pendapat tersebut bertemu pendapat bahwa blog adalah website yang bersifat personal, memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada komunitas global dunia. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja darimana saja dan kapan saja. Sebuah loncata ekspresi diri yang telah melampaui batas-batas ruang dan waktu.
Ada yang mengatakan jika blog dimulai dari halaman What's New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Perkembangan blog hingga akhir tahun 1998 sampai pertengahan tahun 1999 belumlah menggembirakan, jumlah Blog yang ada belum seberapa untuk ukuran komunitas maya. Penyebabnya pada saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Penggila blog barulah komunitas tertentu yang didominasi oleh kelompok orang tertentu yang memiliki keahlian tertentu pula.
Pada bulan Juli 1999 lahir pembuat layanan blog pertama,Pitas , yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis dan jumlah blog pun bertambah hingga ratusan. Namun baru pada awal Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com jumlah Blog bertambah banyak begitu rupa hingga saat saja blogger.com ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga,Velocinews.Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olahraga, buku komik, keperluan bisnis dan macam-macam lagi. Bahkan ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would Buy That?. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul "Anatomy of a Weblog" yang menerangkan tema dari Blog. "Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut" . Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Pembuatnya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.”
Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-Blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri diantaranya adalah Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang Desainer Interaktif dimana dia mengkatagorikan topik-topik Blog-nya pada katagori, Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya. Blog terkenal lainnya diantaranya, Obscure Store milik Jim Romenesko yang menyediakan link bertemakan berita dan gosip serta hal-hal kecil yang sedikit mengarah pada underground movement, Lawrence Lee juga setiap hari mengupdate Blog-nya, Tomalak's Realm dengan link-link pada berita tentang Web Design dan Net Business. Memepool dengan pilihan koleksi link-nya yang unik disertai analisis cerdas juga digemari sebagai Blog yang istimewa. Kottke.org merupakan Blog menarik milik Jason Kottke seorang Web Designer yang tinggal di San Francisco, di Blog-nya dia menulis bahwa Blog-nya tersebut adalah caranya mengisi waktu luang untuk menyusun kembali tulisan-tulisan, desain- desain dan critical skill-nya. Tak lupa juga Blog milik Dave Winer, Scripting News , salah satu Blog pertama yang banyak memberikan link tentang pemrograman.
BAGIAN- BAGIAN DARI BLOG
Berikut pengenalan mengenai bagian-bagian dari blog:
Entri baru :dibagian ini kita dapat menuliskan postingan yang ingin kita buat
Komentar :berisi halaman yang dimana akan aa saran dan kritikan dari pembaca,bukan hanya itu di kolom komentar akan ada pula pujian yang akan di apatkan dari postingan yang dibuat
Tema:dibagian ini berisi berbagai tema untuk memperindah postingan kita ataupun halaman blog pada akun kita
Setelan :berisi pengaturan yang memudahkan kita untuk mencari bantuan atau setelan
Daftar bacaan :disini kita dapat melihat berapa banyak yang melihat atau membaca postingan yang kita publikasikan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN BLOG BERKEMBANG PESAT
Dengan demikian, blog kini telah berkembang melampaui dari definisi yang telah disebutkan sebelumnya. Blog tidak lagi memuat “catatan harian” dan “link” pemiliknya, namun juga telah berkembang menjadi media pertukaran informasi yang berguna, sarana aktualisasi pemikiran pemiliknya, kepentingan bisnis kecil-kecilan, menyuarakan protes, sarkasme dan apa saja yang bisa dituliskan pada media blog ini.Ada beberapa hal yang sangat menarik dari dunia blog ini yang membuatnya dapat berkembang dengan sangat pesat, Cameron Barret mengatakan bahwa blog adalah "Big Idea" dari Internet yang merupakan kekuatan informasi yang terdistribusi dan jurnalisme gaya Blog adalah jurnalisme media online dalam tingkat yang lebih tinggi. Rabecca Blood menulis pada blog-nya: “Dengan komentar-komentar tak kenal takut dan sarkasme mereka Blogger mengingatkan kita betapa seringkali media konvensional terinfeksi oleh vested-interest dalam membuat berita.” Ditunjang dengan Blog yang demikian interaktif sehingga memungkinkan para pembuat Blog atau para Blogger memberikan opini dan komentar mereka tentang suatu isu, dan juga memungkinkan para pembaca Blog menuliskan opininya pula tentang opini yang ia baca. Pro, kontra, link, tambahan informasi, fakta baru, semuanya kemudian terkandung dalam satu situs Blog besar. Jon Katz dalam tulisannya di Slashdot, "Here Come The Weblog", May 1999, menggambarkan, “Blog adalah rangkaian evolusi menuju "New Media". Blog berhasil mendemostrasikan banyak hal tentang budaya interaktif yang disukai orang, terutama anak-anak muda.” Salah satu Blog yang terkenal keinteraktifannya adalah Slashdot yang terkenal dengan semboyannya "News for Nerds. Stuff that Matters" yang dikelola oleh beberapa moderator. Di Slashdot satu opini menghasilkan sekian banyak lagi komentar pro atau kontra yang didukung dengan link yang mereka kontribusikan. Blog yang interaktif itu pula telah menjadi salah satu faktor yang menunjang kepopulerannya. Berbeda dengan media konvensional yang bersifat satu arah yang berubah bentuk menjadi tempat menampung suara semua orang yang mendapat tempat, walau belum tentu berharga. Blog memiliki kebalikan struktur dari media konvensional yang bersifat top-down, “Membosankan dan arogan”, kata Jon Katz. Blog juga adalah contoh tepat evolusi komunitas elektronik dan kemampuan orang yang secara online membuat media yang mereka rancang sendiri, Jon Katz meneruskan. “Media yang dirancang sendiri adalah media yang lepas dari kecurigaan media sebagai corong korporasi besar. Blog kemungkinan besar adalah masa depan media yang kita saksikansekarang.”Selanjutnya, Blog adalah budaya digital tersendiri dan komunitas elektroniknya bertebaran di internet dan dengan sedemikian banyak Blog di Internet yang selalu mencari website-website yang menarik maka Blog menjadi unik karena muatan “link”-nya. Seperti yang dituliskan Cameron Barret bahwa Blog saat ini adalah indikator akurat tentang apa yang sedang terjadi di Internet dan di dalam komunitas web. "Blog adalah simbol dari apa yang hebat tentang Internet." tulisnya. Blog dengan kecenderungannya memilih-milih berita dan artikel serta website sesuai dengan preference personal Blogger-nya, membuat seolah dunia web telah difilter, dunia web telah dijelajahi terdahulu (pre-surfed) oleh para Blogger dan kita tinggal menikmati apa yang telah disediakan para Blogger pada Blog yang kita sukai. Para Blogger memilihkan link pada website dan berita yang paling aneh, paling bodoh, hingga paling lengkap atau tidak lengkap dari dunia web. Jon Katz menyebut Blog, Filtered News. Blog telah menjadi saringan dunia web dan ada kalanya telah menyelamatkan kita dari kekacauan atau kesentralan informasi online yang sekarang terjadi di Internet. Interaksi juga merupakan salah satu daya tarik kuat dari Blog. Pada salah satu Community Blog yang perlu dikunjungi, MetaFilter setiap harinya para blogger ini sama-sama mengisi MetaFilter dengan link-link mereka dimana mereka menuliskan komentar-komentar mereka pula di dalamnya. Saat ini ada 15 ribuan anggota aktif di MetaFilter dari segala penjuru dunia, dimana setiap link yang didonasikan ke MetaFilter tentu saja kemudian bisa dikomentari oleh blogger lainnya lagi. Blog tersebut hidup dari kontribusi para blogger-nya. Hal tersebut pun melahirkan jenis Blog baru disamping Personal Blog, yakni Community Blog sebuah Blog bersama. Blog memiliki suara spesifik dan kepribadian. Karena Blog adalah kepanjangan interaktif dari pembuatnya. Pada tulisannya di Star Telegram, Frances Katz (ada hubungan dengan Jon Katz?) menulis bahwa Blog adalah generasi kedua dari Home Page Pribadi. Perbedaan utama antara Home Page Pribadi dan Blog yaitu, Home Page Pribadi adalah tempat dimana kamu menempatkan foto keluarga, foto kamu dan kemudian mendistribusikan informasi pada lingkaran kecil teman-teman dan keluarga. Sedang Blog dirancang untuk "pengunjung".
MEMBUAT WEBLOG ATAU BLOG
Ada 2 (dua) situs yang baik untuk membuat Blog. www.blogger.com dan www.blog-city.com. Kita persiapkan rancangan blog yang akan dibangun, tujuannya dan materi awalnya kemudian kita tinggal “sign-up” atau daftar pada situs tersebut, mengisi form pendaftaran, pilih template yang tersedia dan weblog pun siap untuk dikembangkan. Proses sign up nya pun tidak bertele-tele, bahkan lebih mudah daripada sign up untuk sebuah account e-mail free di internet. Kedua penyedia jasa blog gratis tersebut memiliki fleksibilitas yang bagus. Bagi para pemula tinggal memanfaatkan fasilitas yang ada meskipun terbilang sederhana dan dengan sedikit pengetahuan tentang bahasa html kita bisa mengembangkan tampilan Blog yang kita buat. Menarik jika kita sing up di situ www.blog-city.com template standar yang disediakan sudah sedemikian “good looking” sehingga rata-rata peminatnya tidak lagi begitu memikirkan tampilan weblognya dan dapat berkonsentrasi dengan materi yang mereka posting.
FUNGSI DAN MANFAAT BLOG
Berikut fungsi dari blog yaitu:
blog sebagai jurnal online yang berfungsi menampilkan pemberitaan informasi-informasi dengan topik tertentu seperti informasi produk, gadget dan lain-lainnya
blog berfungsi sebagai website pribadi untuk tujuan membangun branding. anda dapat membangun branding untuk diri anda sendiri dengan menggunakan blog, caranya anda postingkan artikel-artikel sesuai dengan branding position diri anda
blog berfungsi sebagai diary online. anda dapat menuliskan berita apa saja seputar diri anda, baik kegiatan yang anda lakukan, hasil pemikiran, sharing pendapat, dan lain2.
blog berfungsi sebagai website komunitas dimana setiap orang bisa melakukan subscribe sebagai member dan mempostingkan artikel-artikelnya
blog berfungsi sebagai iklan baris dimana si pemasang iklan dapat melakukan subscribe pada
blog dan mempostingkan iklannya
blog berfungsi sebagai website yang menampilkan gambar-gambar, video-video dan lain-lainnya
Adapun manfaat dari blog itu sendiri yaitu:
1. media aktualisasi diri
salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized - untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. untuk menunjukan siapa dirinya. apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2. personal branding
personal branding atau self positioning -memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu- adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. apa yang anda ingat ketika mendengar “bapak blogger indonesia”? enda nasution! bayangkan jika seorang potential client berkata “siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? dengan blog -dan strategi yang tepat- anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan apa megapa mereka harus mengontak anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.
3. markas besar di dunia maya
begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: cv, online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang anda eksisi *halah*: facebook, twitter, plurk, digg, lintasberita, linkedin, dll.
4. media promosi
blog ditempatkan di jaringan internet. dengan strategi yang tepat (seo+smm+other techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
5. mendapatkan relasi baru
sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.tips: buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook profile anda. orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook.
6. mendapatkan penghasilan
ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
direct income – blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), service pay-per-click, pay-per-post, paid-to-review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. dll.
indirect income – blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.
7. stress release, emotion release
terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan kan? . tapi selalu ingat aturan emasnya: jangan berlebihan. jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi karena anda berlebihan dalam mengekspresikan diri.
8. media memberi, media sharing
terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.
9. jurnal catatan kehidupan anda
catat semua yang anda rasakan dan publikasikan di blog anda. suatu hari di kehidupan anda kelak, baca kembali apa yang sudah anda tulis. kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu.
CARA MEMBUAT SUATU BLOG
Di bawah ini akan saya bahas cara membuat blog lewat Blogger.com.Langkah langkahnya adalah sebagai berikut:
Masuk ke situs Blogger.com sehingga akan tampil seperti di bawah ini.Klik button CREATE A BLOG akan tampil seperti di bawah ini.Isi data data yang ada secara lengkap.Kemudian Klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini
Isi Blog Name sesuai keinginan anda dan Isi Blog Address (URL) atau alamat blog sesuai keinginan anda
Kemudian Klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini.Pada halaman ini anda dipersilahkan memilih template yang akan anda gunakan pada blog anda. Pilih salah satu. kemudian klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini
Muncul halaman yang bertuliskan Your blog has been Created!,berarti anda sudah berhasil membuat blog.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Ada beberapa fungsi dari media yang ada di internet diantaranya blog dan YouTube antara lain fungsi positif dan negatif. Apabila untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas merupakan salah satu fungsi positif dari media sosial Youtube , tetapi bagi sebagian orang awam yang tidak mengenal media sosial seperti YouTube mereka hanya sekedar penikmat dari media sosial tersebut tanpa harus menjadi pengguna media social ini.adapun blog yang memilki fungsi positif yaitu sebagai media yang penting dalam pertumbuhan penyebaran informasi di dunia.Terkadang fungsi dari media sosial pun diluar perkiraan beberapa peneliti yaitu untuk melambungkan status seseorang atau menjadikan seseorang yang biasa menjadi superstar dalam waktu yang singkat. Selain itu media sosial juga dapat meninggikan dan merendahkan derajat seseorang hanya dengan seseorang tersebut melakukan beberapa aksi diantaranya video lipsync yang banyak diperankan oleh orang biasa . namun agak disayangkan pula ada sebagian orang yang tidak memiliki kemampuan yang cukup.
SARAN
Sebagai seorang yang berpengetahuan,sebaikny pandai-pandailah menggunakan internet secara bijak agar kita dapat memperoleh keuntungan yang maksimal,bukan hanya sebagai penikmat internet tapi juga harus mencari manfaatnya.janganlah menjerumuskan diri kedalam hal yang negative karena kita di berikan layanan internet agar bertambah pengetahuan dan informasi dari berbagai belahan dunia.
DAFTAR PUSTAKA
https://mikrotikmembara.wordpress.com/2012/03/08/pengertian-dan-sejarah-youtube
https://www.kompasiana.com/jinjhu
http://rizalvario.blogspot.com/2013/04/contoh-makalah-tik-tentang-pengetahuan.html?m=1\
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Media social Youtube digemari oleh masyarakat untuk berbagai macam sarana. Baik untuk sekedar melihat video atau pun mengunggah video kedalam YouTube. Tidak lepas dari itu Youtube juga memiliki kekurangan, Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa YouTube sebagai sarana penyaluran bakat, namun adapula dari situs ini sebagian masyarakat memanfaatkannya sebagai ajang kreativitas. Persepsi orang mengenai media sosial YouTube berbeda-beda karena fungsi yang paling utama dalam media ini adalah mengaplikasikan suatu objek agar dapat disaksikan oleh para pengguna media tersebut.
Adapun blog yang Semakin berkembangnya internet ,blog ini semakin banyak digemari bagi para penulis.Akan tetapi, bila kita sadari masih banyak yang tidak tau akan permasalahan dalam youtube dan blog ini dan belum mengenal apa itu youtube maupun blog.
Tulisan mengenai youtube dan Blog pada buku-buku belum dapat memecahkan permasalahan seperti ini.Meskipun istilah youtube dan blog tersebut sering kita dengar tapi masih banyak yang belum mengetahui hal tersebut.
RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas maka dapat kita simpulkan beberapa rumusan masalahnya,yaitu:
Apakah yang dimaksud dengan youtube dan blog ?
Bagaimana sejarah yang ada pada youtube dan blog?
Lalu adakah langkah-langkah dalam membuat blog?
Apa saja fungsi,manfaat dari blog?
Apakah fungsi dan dampak dari youtube?
TUJUAN PENULISAN
Agar dapat mengetahui apakah itu youtube dan blog
Agar dapat memahami seperti apa sejarah sehingga youtube dan blog muncul
Agar dapat mempraktekkan cara membuat blog
Mengetahui fungsi maupun dampak dari kedua aplikasi tersebut?
BAB II
PEMBAHASAN
SEJARAH YOUTUBE
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagai klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, film, televisi, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah FLV yang dapat di putar di penjelajah web yang memiliki Plugin Flash Player.YouTube sendiri didirikan tanggal 14 Februari 2005 di San Mateo, California, Amerika oleh Chad Hurley, Steve Chen, Jawed Karim dan berkantor Pusat di San Bruno, California, Amerika dengan CEO: Susana Wojcicki (5 Feb 2014–) Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Pay Pal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar.Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.
Sebelum peluncuran YouTube tahun 2005, terdapat beberapa metode sederhana yang dapat digunakan oleh pengguna komputer awam yang ingin mengunggah video secara mudah. Dengan antarmuka yang sederhana, YouTube memungkinkan siapa saja dengan koneksi internet untuk mengunggah video dan penonton dariseluruh penjuru dunia dapat menikmatinya hanya dalam beberapa menit. Keanekaragaman topik yang ada di YouTube membuat berbagi video menjadi salah satu bagian yang penting dalam kultur berinternet.Video awal yang pertama kali diunggah di YouTube berjudul “Me at The Zoo”, menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini video tersebut masih dapat disaksikan di YouTube.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI YOUTUBE
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat semakin mudah pula seseorang bisa mengakses berbagai macam video, gambar, ebook, atau pun artikel. Akibatnya banyak yang menggunakan media internet sebagai tempat pelarian untuk mencari hal-hal baru, contohnya seperti di YouTube semua orang bisa mengakses berbagai macam video yang telah diunggah oleh orang banyak pemanfaatan YouTube ini dapat berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai macam tutorial atau pun mengunggah video yang kita punya. Bila YouTube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis, maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi penggunanya.Berikut dampak positif dan negatif dari YouTube, yaitu:
a. Dampak Positif:
Dapat dipakai untuk mencari video tutorial.
Dapat menjadi media untuk artis instant.
Dapat berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita
b. Dampak Negatif
Dapat dipakai untuk mencari video yang tidak pantas dilihat.
Video-video kekerasan.
Video yang dapat merubah reputasi seseorang.
FUNGSI DARI BAGIAN–BAGIAN YANG ADA DALAM YOUTUBE
Beranda
Trending
Subscription
Akun
Pencarian. Pengaturan
Berikut fungsi dari bagian-bagian dri youtube:
Beranda : berfungsi menampilkan serta mengakses halaman awal
dari suatu situs dan juga menampilkan topik fitur
Trending : berfungsi membantu penonton untuk melihat apa saja
yang terjadi di seluruh dunia menggunakan youtube.artinya di bagian ini akan ditampilkan daftar video yang sedang tren yang sama disetiap negara untuk semua pengguna.
Akun :berfungsi sebagai tempat untuk mengupload video yang
kita buat.dalam akun ini akan ada berbagai macam bagian diantaranya yaitu ,ada yang dimaksud dengan histori dimana berfungsi sebagai menyimpan penelusuran dari video yang kita nonton,jadi jika ingin melihat kembali riwayat tontonan maka buka saja histori di akun
Pencarian:berfungsi untuk memudahkan kita mencari apa yang
akan di tonton,dengan kata lain jika ingin melihat suatu video maka masukkan saja kata kunci,lalu akan muncul dengan sendirinya apa yang kita inginkan.
Pengaturan:berfungsi untuk menyediakan pengaturan didalam youtube dimana berisi setelan,kebijakan privasi,bantuan dan masukan, serta keluar.
NEGARA-NEGARA YANG MELAKUKAN PENYENSORAN YOUTUBE
situs yang paling banyak dikunjungi ketiga, telah disensor beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan. Negara-negara yang menyensor YouTube antara lain :
1. Arab Saudi
2. Armenia
3. Brasil.
4. Iran
5. Moroko
6. RRC
7. Suriah
8. Thailand
9. Turki
10. Pakistan
11. Indonesia
DAMPAK SOSIAL DARI YOUTUBE
Contoh awal dampak sosial YouTube adalah suksesnya video The Bus Uncle pada tahun 2006. Video ini menunjukkan perdebatan antara anak muda dengan orang tua di dalam bus di Hong Kong yang kemudian banyak dibahas di media-media utama. Video lainnya yang mendapat banyak perhatian adalah permainan Pachelbel's Canon dengan menggunakan gitar listrik. Nama pemain gitar tidak dipampang di dalam video, namun setelah ditonton oleh jutaan penonton, The New York Times mengungkap siapa pemain gitar misterius tersebut. Ternyata dia adalah Lim Jeong-hyun, berumur 23 tahun yang berasal dari Korea Selatan.Ada juga beberapa orang yang berhasil menjadi selebritis dadakan karena video yang mereka unggah di Youtube:
Chris Crocker, pemuda asal Amerika Serikat menjadi terkenal setelah mengunggah video berjudul Leave Britney Alone dimana di video itu dia menangis dan memprotes perlakuan media terhadap penyanyi Pop Britney Spears.
Gary Brolsma, pemuda kelahiran Amerika Serikat ini terkenal karena video lipsnyc Numa Numa yang dia unggah.
Ghyslain Raza, pemuda Kanada ini menjadi bintang utama di video berjudul Star Wars Kid. Di video tersebut dia memainkan sebuah stik golf seolah-olah dia adalah seorang Jedi.
Wei Wei & Huang Yixin, dua pemuda asal China ini menyebut diri mereka sebagai Back Dorm Boys, dimana dalam video-video yang mereka unggah, mereka selalu melakukan lipsync berbagai macam lagu-lagu hits dunia.
Di Indonesia, dampak sosial dari YouTube terlihat dari munculnya artis dadakan. Seperti contohnya: Briptu Norman dengan lipsync lagu Chaiyya Chaiyya. Video lipsync Briptu Norman mendadak menjadi bahan perbincangan masyarakat .
FUNGSI DARI OFFLINE YANG ADA DALAM YOUTUBE
Saat ini pengguna youtube tidak perlu khawatir lagi dengan kuota baru baru ini youtube mengungkapkan wacana untuk melengkapi platform video popular dengan menjalankan video offline . Namun fitur ini hanya dikhususkan keapp mobile di platform android dan iOS , bukan versi browser deskotopnya .
Dukungan offline tersebut memungkinkan penggguna menikmati video videonya tanpa perlu tersambung ke internet secara konstan . Artinya video dapat dilihat tanpa adanya sambungan Wi-Fi atau paket data . Cara menggunakannya juga sangat mudah .
LANGKAH-LANGKAH MENGUBAH TAMPILAN MAUPUN WARNA DALAM YOUTUBE
1. Mengubah YouTube menjadi berwarna merah dan biru
Coba kamu ketik di kolom pencarian YouTube "Webdriver Torso". Maka akan keluar video-video dengan tampilan berwarna biru dan merah. Belum diketahui kenapa YouTube membuat seperti ini. Tapi konon ini berfungsi untuk mengetes kualitas dari YouTube itu sendiri.
2. Shortcut cepat lewat keyboard
Nggak perlu repot-repot lagi menggunakan mouse untuk mengontrol video di YouTube. Cukup menggunakan keyboard kamu dapat mengendalikan video yang kamu tonton. Caranya:
- k = pause or play
- j = rewind 10 seconds
- l = fast-forward 10 seconds
- m = mute
- Number 0 = go to the beginning of the video
- Numbers 1 to 9 = jump to 10% to 90% of the video
3. Mengubah tampilan YouTube
Coba kunjungi youtube.com/leanback dan lihat hasilnya.
4. Mengunduh video YouTube dengan cepat
Jika ingin mengunduh video YouTube dengan cepat bisa menambahkan 'ss' di alamat YouTube yang kamu tonton. Contohnya: ssyoutube.com/watch?v=mWRsgZuwf_8
5. Mengubah video YouTube menjadi gambar GIF
Hampir sama seperti cara di atas, jika ingin mengubah video YouTube menjadi GIF cukup ganti 'ss' menjadi 'gif'.
6. Membuat YouTube bergoyang ala Harlem Shake
Coba ketik 'do the harlem shake' di kolom pencarian YouTube, maka YouTube-mu akan bergoyang seperti di video Harlem Shake
7. Membuat YouTube bergoyang mengikut kursor mouse
Ingin menggerakkan YouTube menggunakan mouse? Ketik saja 'use the force luke' di kolom pencarian YouTube dan lihat hasilnya.
8. Membuat YouTube menjadi lebih berwarna
YouTube memang cukup aneh. Kamu bisa membuat tampilan YouTube lebih berwarna hanya dengan mengetik 'doge meme' di kolom pencarian YouTube.
9. Memulai video dari waktu tertentu
Jika ingin menyetel video di YouTube dari detik tertentu tambahkan '#t=01m08s' di akhir alamat URL YouTube yang kamu tonton. '01m08s' berarti video akan dimulai di menit 1 detik ke 8. Ini bisa kamu ubah sesuka hatimu.
10. Mengubah video YouTube menjadi file Mp3
Jika ingin mengunduh video YouTube menjadi file Mp3, cukup copy alamat URL YouTube yang kamu tonton dan paste-kan di www.youtube-mp3.org.
11. Merekam video YouTube menggunakan Peggo
Kunjungi peggo.co dan paste-kan alamat URL video YouTube yang kamu tonton. Maka kamu akan dengan mudah merekam video tadi menjadi file Mp3.
12. Menggunakan kata pencarian dengan benar
Tambahkan kata-kata di bawah ini untuk hasil pencarian yang berbeda:
- Tambahkan 'channel' or 'playlist' untuk mencari channel atau playlist dari lagu kesukaanmu.
- Tambahkan 'HD' untuk menonton video dengan kualitas High Definition. Tapi pastikan kecepatan internetmu stabil.
- Tambahkan 'allintitle' untuk mencari video lebih tepat. Contoh: 'allintitle:maroon five'
13. Mencari video artis favorit dengan cepat
ketik #namapenyanyi untuk mencari album dan playlist dari penyanyi favoritmu
PE NGERTIAN BLOG
Blog berasal dari kata weblog adalah suatu website dengan isi (konten) berupa artikel atau tulisan-tulisan yang merupakan pemikiran atau sudt pandang dari pemilik dan berisi pula gambar, audio atau video yang di update secara berkala, sehingga mempunyai cirri khas sesuai dengan keinginan pemiliknya, umumnya blog menggunakan sudut pandang personal, tapi ada juga blog dari suatu organisasi.Blog mempunyai basis peristiwa, urutan peristiwa pemasukan artikel, konten, atau tulisan pada blog umumnya disajikan secara terbalik, dimana hal baru (artikel baru) disajikan paling atas, sehingga pengunjung blog akan disajikan hal yang baru ketika mereka membuka suatu blog. konten lama disajikan paling belakang. tapi setting ini bisa diubah menjadi kebalikannya.
Hal lain yang merupakan ciri dari blog adalah adanya komentar. pengunjung dapat memberikan komentar pada setiap artikel blog. demikian juga pemilik dapat memberikan tanggapan atas komentar pengunjung pada bagian komentar pula.
SEJARAH BLOG
istilah “blog”. Blog itu sendiri adalah kependekan dari “Weblog”, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut website pribadi yang selalu diupdate secara berkelanjutan dan berisi link-link ke website lain yang dianggap menarik dan biasanya disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Sementara Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Apapun definisinya, pendapat-pendapat tersebut bertemu pendapat bahwa blog adalah website yang bersifat personal, memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada komunitas global dunia. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja darimana saja dan kapan saja. Sebuah loncata ekspresi diri yang telah melampaui batas-batas ruang dan waktu.
Ada yang mengatakan jika blog dimulai dari halaman What's New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Perkembangan blog hingga akhir tahun 1998 sampai pertengahan tahun 1999 belumlah menggembirakan, jumlah Blog yang ada belum seberapa untuk ukuran komunitas maya. Penyebabnya pada saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Penggila blog barulah komunitas tertentu yang didominasi oleh kelompok orang tertentu yang memiliki keahlian tertentu pula.
Pada bulan Juli 1999 lahir pembuat layanan blog pertama,Pitas , yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis dan jumlah blog pun bertambah hingga ratusan. Namun baru pada awal Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com jumlah Blog bertambah banyak begitu rupa hingga saat saja blogger.com ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga,Velocinews.Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olahraga, buku komik, keperluan bisnis dan macam-macam lagi. Bahkan ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would Buy That?. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul "Anatomy of a Weblog" yang menerangkan tema dari Blog. "Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut" . Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Pembuatnya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.”
Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-Blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri diantaranya adalah Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang Desainer Interaktif dimana dia mengkatagorikan topik-topik Blog-nya pada katagori, Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya. Blog terkenal lainnya diantaranya, Obscure Store milik Jim Romenesko yang menyediakan link bertemakan berita dan gosip serta hal-hal kecil yang sedikit mengarah pada underground movement, Lawrence Lee juga setiap hari mengupdate Blog-nya, Tomalak's Realm dengan link-link pada berita tentang Web Design dan Net Business. Memepool dengan pilihan koleksi link-nya yang unik disertai analisis cerdas juga digemari sebagai Blog yang istimewa. Kottke.org merupakan Blog menarik milik Jason Kottke seorang Web Designer yang tinggal di San Francisco, di Blog-nya dia menulis bahwa Blog-nya tersebut adalah caranya mengisi waktu luang untuk menyusun kembali tulisan-tulisan, desain- desain dan critical skill-nya. Tak lupa juga Blog milik Dave Winer, Scripting News , salah satu Blog pertama yang banyak memberikan link tentang pemrograman.
BAGIAN- BAGIAN DARI BLOG
Berikut pengenalan mengenai bagian-bagian dari blog:
Entri baru :dibagian ini kita dapat menuliskan postingan yang ingin kita buat
Komentar :berisi halaman yang dimana akan aa saran dan kritikan dari pembaca,bukan hanya itu di kolom komentar akan ada pula pujian yang akan di apatkan dari postingan yang dibuat
Tema:dibagian ini berisi berbagai tema untuk memperindah postingan kita ataupun halaman blog pada akun kita
Setelan :berisi pengaturan yang memudahkan kita untuk mencari bantuan atau setelan
Daftar bacaan :disini kita dapat melihat berapa banyak yang melihat atau membaca postingan yang kita publikasikan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN BLOG BERKEMBANG PESAT
Dengan demikian, blog kini telah berkembang melampaui dari definisi yang telah disebutkan sebelumnya. Blog tidak lagi memuat “catatan harian” dan “link” pemiliknya, namun juga telah berkembang menjadi media pertukaran informasi yang berguna, sarana aktualisasi pemikiran pemiliknya, kepentingan bisnis kecil-kecilan, menyuarakan protes, sarkasme dan apa saja yang bisa dituliskan pada media blog ini.Ada beberapa hal yang sangat menarik dari dunia blog ini yang membuatnya dapat berkembang dengan sangat pesat, Cameron Barret mengatakan bahwa blog adalah "Big Idea" dari Internet yang merupakan kekuatan informasi yang terdistribusi dan jurnalisme gaya Blog adalah jurnalisme media online dalam tingkat yang lebih tinggi. Rabecca Blood menulis pada blog-nya: “Dengan komentar-komentar tak kenal takut dan sarkasme mereka Blogger mengingatkan kita betapa seringkali media konvensional terinfeksi oleh vested-interest dalam membuat berita.” Ditunjang dengan Blog yang demikian interaktif sehingga memungkinkan para pembuat Blog atau para Blogger memberikan opini dan komentar mereka tentang suatu isu, dan juga memungkinkan para pembaca Blog menuliskan opininya pula tentang opini yang ia baca. Pro, kontra, link, tambahan informasi, fakta baru, semuanya kemudian terkandung dalam satu situs Blog besar. Jon Katz dalam tulisannya di Slashdot, "Here Come The Weblog", May 1999, menggambarkan, “Blog adalah rangkaian evolusi menuju "New Media". Blog berhasil mendemostrasikan banyak hal tentang budaya interaktif yang disukai orang, terutama anak-anak muda.” Salah satu Blog yang terkenal keinteraktifannya adalah Slashdot yang terkenal dengan semboyannya "News for Nerds. Stuff that Matters" yang dikelola oleh beberapa moderator. Di Slashdot satu opini menghasilkan sekian banyak lagi komentar pro atau kontra yang didukung dengan link yang mereka kontribusikan. Blog yang interaktif itu pula telah menjadi salah satu faktor yang menunjang kepopulerannya. Berbeda dengan media konvensional yang bersifat satu arah yang berubah bentuk menjadi tempat menampung suara semua orang yang mendapat tempat, walau belum tentu berharga. Blog memiliki kebalikan struktur dari media konvensional yang bersifat top-down, “Membosankan dan arogan”, kata Jon Katz. Blog juga adalah contoh tepat evolusi komunitas elektronik dan kemampuan orang yang secara online membuat media yang mereka rancang sendiri, Jon Katz meneruskan. “Media yang dirancang sendiri adalah media yang lepas dari kecurigaan media sebagai corong korporasi besar. Blog kemungkinan besar adalah masa depan media yang kita saksikansekarang.”Selanjutnya, Blog adalah budaya digital tersendiri dan komunitas elektroniknya bertebaran di internet dan dengan sedemikian banyak Blog di Internet yang selalu mencari website-website yang menarik maka Blog menjadi unik karena muatan “link”-nya. Seperti yang dituliskan Cameron Barret bahwa Blog saat ini adalah indikator akurat tentang apa yang sedang terjadi di Internet dan di dalam komunitas web. "Blog adalah simbol dari apa yang hebat tentang Internet." tulisnya. Blog dengan kecenderungannya memilih-milih berita dan artikel serta website sesuai dengan preference personal Blogger-nya, membuat seolah dunia web telah difilter, dunia web telah dijelajahi terdahulu (pre-surfed) oleh para Blogger dan kita tinggal menikmati apa yang telah disediakan para Blogger pada Blog yang kita sukai. Para Blogger memilihkan link pada website dan berita yang paling aneh, paling bodoh, hingga paling lengkap atau tidak lengkap dari dunia web. Jon Katz menyebut Blog, Filtered News. Blog telah menjadi saringan dunia web dan ada kalanya telah menyelamatkan kita dari kekacauan atau kesentralan informasi online yang sekarang terjadi di Internet. Interaksi juga merupakan salah satu daya tarik kuat dari Blog. Pada salah satu Community Blog yang perlu dikunjungi, MetaFilter setiap harinya para blogger ini sama-sama mengisi MetaFilter dengan link-link mereka dimana mereka menuliskan komentar-komentar mereka pula di dalamnya. Saat ini ada 15 ribuan anggota aktif di MetaFilter dari segala penjuru dunia, dimana setiap link yang didonasikan ke MetaFilter tentu saja kemudian bisa dikomentari oleh blogger lainnya lagi. Blog tersebut hidup dari kontribusi para blogger-nya. Hal tersebut pun melahirkan jenis Blog baru disamping Personal Blog, yakni Community Blog sebuah Blog bersama. Blog memiliki suara spesifik dan kepribadian. Karena Blog adalah kepanjangan interaktif dari pembuatnya. Pada tulisannya di Star Telegram, Frances Katz (ada hubungan dengan Jon Katz?) menulis bahwa Blog adalah generasi kedua dari Home Page Pribadi. Perbedaan utama antara Home Page Pribadi dan Blog yaitu, Home Page Pribadi adalah tempat dimana kamu menempatkan foto keluarga, foto kamu dan kemudian mendistribusikan informasi pada lingkaran kecil teman-teman dan keluarga. Sedang Blog dirancang untuk "pengunjung".
MEMBUAT WEBLOG ATAU BLOG
Ada 2 (dua) situs yang baik untuk membuat Blog. www.blogger.com dan www.blog-city.com. Kita persiapkan rancangan blog yang akan dibangun, tujuannya dan materi awalnya kemudian kita tinggal “sign-up” atau daftar pada situs tersebut, mengisi form pendaftaran, pilih template yang tersedia dan weblog pun siap untuk dikembangkan. Proses sign up nya pun tidak bertele-tele, bahkan lebih mudah daripada sign up untuk sebuah account e-mail free di internet. Kedua penyedia jasa blog gratis tersebut memiliki fleksibilitas yang bagus. Bagi para pemula tinggal memanfaatkan fasilitas yang ada meskipun terbilang sederhana dan dengan sedikit pengetahuan tentang bahasa html kita bisa mengembangkan tampilan Blog yang kita buat. Menarik jika kita sing up di situ www.blog-city.com template standar yang disediakan sudah sedemikian “good looking” sehingga rata-rata peminatnya tidak lagi begitu memikirkan tampilan weblognya dan dapat berkonsentrasi dengan materi yang mereka posting.
FUNGSI DAN MANFAAT BLOG
Berikut fungsi dari blog yaitu:
blog sebagai jurnal online yang berfungsi menampilkan pemberitaan informasi-informasi dengan topik tertentu seperti informasi produk, gadget dan lain-lainnya
blog berfungsi sebagai website pribadi untuk tujuan membangun branding. anda dapat membangun branding untuk diri anda sendiri dengan menggunakan blog, caranya anda postingkan artikel-artikel sesuai dengan branding position diri anda
blog berfungsi sebagai diary online. anda dapat menuliskan berita apa saja seputar diri anda, baik kegiatan yang anda lakukan, hasil pemikiran, sharing pendapat, dan lain2.
blog berfungsi sebagai website komunitas dimana setiap orang bisa melakukan subscribe sebagai member dan mempostingkan artikel-artikelnya
blog berfungsi sebagai iklan baris dimana si pemasang iklan dapat melakukan subscribe pada
blog dan mempostingkan iklannya
blog berfungsi sebagai website yang menampilkan gambar-gambar, video-video dan lain-lainnya
Adapun manfaat dari blog itu sendiri yaitu:
1. media aktualisasi diri
salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized - untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. untuk menunjukan siapa dirinya. apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2. personal branding
personal branding atau self positioning -memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu- adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. apa yang anda ingat ketika mendengar “bapak blogger indonesia”? enda nasution! bayangkan jika seorang potential client berkata “siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? dengan blog -dan strategi yang tepat- anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan apa megapa mereka harus mengontak anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.
3. markas besar di dunia maya
begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: cv, online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang anda eksisi *halah*: facebook, twitter, plurk, digg, lintasberita, linkedin, dll.
4. media promosi
blog ditempatkan di jaringan internet. dengan strategi yang tepat (seo+smm+other techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
5. mendapatkan relasi baru
sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.tips: buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook profile anda. orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook.
6. mendapatkan penghasilan
ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
direct income – blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), service pay-per-click, pay-per-post, paid-to-review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. dll.
indirect income – blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.
7. stress release, emotion release
terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan kan? . tapi selalu ingat aturan emasnya: jangan berlebihan. jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi karena anda berlebihan dalam mengekspresikan diri.
8. media memberi, media sharing
terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.
9. jurnal catatan kehidupan anda
catat semua yang anda rasakan dan publikasikan di blog anda. suatu hari di kehidupan anda kelak, baca kembali apa yang sudah anda tulis. kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu.
CARA MEMBUAT SUATU BLOG
Di bawah ini akan saya bahas cara membuat blog lewat Blogger.com.Langkah langkahnya adalah sebagai berikut:
Masuk ke situs Blogger.com sehingga akan tampil seperti di bawah ini.Klik button CREATE A BLOG akan tampil seperti di bawah ini.Isi data data yang ada secara lengkap.Kemudian Klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini
Isi Blog Name sesuai keinginan anda dan Isi Blog Address (URL) atau alamat blog sesuai keinginan anda
Kemudian Klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini.Pada halaman ini anda dipersilahkan memilih template yang akan anda gunakan pada blog anda. Pilih salah satu. kemudian klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini
Muncul halaman yang bertuliskan Your blog has been Created!,berarti anda sudah berhasil membuat blog.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Ada beberapa fungsi dari media yang ada di internet diantaranya blog dan YouTube antara lain fungsi positif dan negatif. Apabila untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas merupakan salah satu fungsi positif dari media sosial Youtube , tetapi bagi sebagian orang awam yang tidak mengenal media sosial seperti YouTube mereka hanya sekedar penikmat dari media sosial tersebut tanpa harus menjadi pengguna media social ini.adapun blog yang memilki fungsi positif yaitu sebagai media yang penting dalam pertumbuhan penyebaran informasi di dunia.Terkadang fungsi dari media sosial pun diluar perkiraan beberapa peneliti yaitu untuk melambungkan status seseorang atau menjadikan seseorang yang biasa menjadi superstar dalam waktu yang singkat. Selain itu media sosial juga dapat meninggikan dan merendahkan derajat seseorang hanya dengan seseorang tersebut melakukan beberapa aksi diantaranya video lipsync yang banyak diperankan oleh orang biasa . namun agak disayangkan pula ada sebagian orang yang tidak memiliki kemampuan yang cukup.
SARAN
Sebagai seorang yang berpengetahuan,sebaikny pandai-pandailah menggunakan internet secara bijak agar kita dapat memperoleh keuntungan yang maksimal,bukan hanya sebagai penikmat internet tapi juga harus mencari manfaatnya.janganlah menjerumuskan diri kedalam hal yang negative karena kita di berikan layanan internet agar bertambah pengetahuan dan informasi dari berbagai belahan dunia.
DAFTAR PUSTAKA
https://mikrotikmembara.wordpress.com/2012/03/08/pengertian-dan-sejarah-youtube
https://www.kompasiana.com/jinjhu
http://rizalvario.blogspot.com/2013/04/contoh-makalah-tik-tentang-pengetahuan.html?m=1\
Komentar
Posting Komentar